Rajin Ekspor Mobil Daihatsu di Anugerahi "Primaniyarta 2018" dari Pemerintah
28 Oktober 2018

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meraih penghargaan pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-33. Saudara dekat Toyota ini menerima Primaniyarta Export Award 2018, yang diselenggarakan di Indonesia Convention Center (ICE), BSD, Tangerang.

 

Daihatsu Ayla

Penghargaan diserahkan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia, melalui Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita serta Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan diterima oleh Presiden Direktur ADM, Tetsuo Miura.
Kenapa Daihatsu Indonesia diganjar penghargaan itu? Pabrikan yang bermarkas di Sunter ini, terpilih sebagai kategori Extra Ordinary Performance alias Eksportir Berkinerja. Inilah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Indonesia, kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang otomotif.
Mari kita tengok datanya. Berdasarkan Gaikindo, Daihatsu berhasil menggeser posisi Toyota sebagai pemimpin ekspor mobil Indonesia. Maklum saja, Toyota avanza dan rush sebetulnya diproduksi oleh Daihatsu. Gaikindo mencatat ekspor mobil Daihatsu periode Januari-Juli 2018 mencapai 59.638 unit. Angkanya meningkat 25,66% dibanding periode yang sama tahun lalu. Dengan capaian ini, berarti Daihatsu menguasai 43,35% pangsa pasar ekspor mobil nasional.
Lantas bagimana dengan kinerja saudaranya, Toyota? Rupanya volume ekspor mobil Toyota periode Januari-Juli 2018 justru mengalami penurunan 19,57%. Jumlahnya menjadi 55.157 unit, dibanding periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara dengan 40% ekspor mobil nasional. Bahkan jika ditotal, Daihatsu dan Toyota menguasai lebih dari 83% pangsa pasar ekspor mobil nasional.
Tak heran, Daihatsu dinilai berhasil dalam melakukan kegiatan ekspor selama lima tahun berturut-turut. Nilai dan volume ekspor Daihatsu selalu meningkat, dengan tetap mengutamakan produk ekspor yang memiliki nilai tambah. Pemerintah juga menilai Daihatsu menerapkan standar green product yang baik.
Untuk diketahui, acara ini diselenggarakan sejak 2014 oleh Kementerian Perdagangan yang dibagi dalam empat kategori. Pertama kategori eksportir berkinerja, kategori eksportir pembangunan merek global, kategori eksportir potensi unggulan dan kategori eksportir pelopor pasar baru.
Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan pemerintah Indonesia pada Daihatsu. Penghargaan ini merupakan pengakuan dari pemerintah Indonesia terhadap kinerja ekspor Daihatsu dari waktu ke waktu. Sehingga semakin memotivasi kami untuk berkontribusi dengan terus mengembangkan produk dan pelayanan yang inovatif dan berkualitas ujar Tetsuo Miura, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Sebagai informasi penutup, total volume ekspor mobil Indonesia dalam tujuh bulan pertama tahun ini tumbuh 2,37% menjadi 136.561 unit dibanding sebelumnya 134.372 unit. Demikian pula impor mobil meningkat 10,7% menjadi 59.115 unit. Adapun penjualan kendaraan roda empat lebih (wholesales) meningkat 7,2% menjadi 661.093 unit. Semoga kinerja baik terus dipertahankan dalam menutup tahun fiskal 2018. (Alx/Odi)

Source : www.oto.com